cerita bahasa jawa lucu, keong racun " ngawie ".

Diposting oleh mujib ali maskur pada 10:22, 27-Peb-15

KEONG RACUN

 

Pada suatu ketika, berdirilah sebuah kerajaan yang sangat makmur dan sejahtera, yang bernama kerajaan CINTA. Kerajaan CINTA dipimpin oleh seorang raja yang sangat jurdil atau jujur dan adil. Raja tersebut memiliki dua orang putrid yang sangat cantik atau lebih jelasnya Cantolan tikus yang bernama “Candra Cantengen”.

Pada suatu pagi Dewi ugal-ugalan duduk termenung sendiri di depan pintu dan kemudian Chandra Cantengen menghampirinya.

Dewi ugal-ugalan      :    Aduuuch………………..!! Wis ngenes apes pisan….!! Isuk-isuk kox sepi eram. Ki omah uwong po kuburan jane?

Chandra                      :    Asololee….!! Icik-icik……ehem-ehem……………..

Dewi ugal-ugalan      :    Opo lele…?! Lele ilik rasa asem….?! Aduh mbakku kumat iki….!!

Chandra                      :    lele mbahmu kipper wi….!! O’on karo budge kok dipek dewe….. yo maklum nak aku kumat ndek ingi Jum’at ki…..!!

Dewi ugal-ugalan      :    Waduh…….mbahku ura iso bal-balan rasah dadi kipper……!! Lho kok malah budge….? Budge ki ura yow makanan khas Yogja?

Chandra                      :    Kae Gudeg O’on…!! Yuuuh solo ra iso ngatasi tenan iki…. Aduh-aduh…..

Dewi ugal-ugalan      :    Ualah gudeg….!! Waladala… ngipi opo ki yahmene we tangi…? Ilere dilapi sik tho mbak yu…! Banjir ngkoo….!!

Chandra                      :    Adik durhaka we wie….!! Karo mbak’e kox koyo ngunuw….!!

Dewi ugal-ugalan      :    PTP…Q lhp cuek….!! Mandak mbak tiri eg….wek nuw….isin Q…..

Chandra                      :    Alah mbuh…. Mutung Q….!! Ehc dek tak omongi…. Mengko jare room arep enek pangeran mrene, jare ki pangeran ne gokil

Dewi ugal-ugalan      :    Wong kox mutungan….!! Alah ra usah khawatir ngko ki pangerane bakal kecantol mbi Q… Q kan emote kaya miss univer’s….ura koyo ue uelex….urip pisan

Chandra                      :    Pelecehan…. Ki lho sepatu nganggur, tak baling pisan we ngko.

Dewi ugal-ugalan      :    Alah mbuyak….ki lho yow nganggur…..kabur cik ah…srikitikiti.

Chandra                      :    Sarap kabeh….!!

 

Ternyata perkataan cantengen benar, datanglah seorang pangeran tampan ke kerajaan CINTA , yang bermaksud melamar cantengen.

 

Raja                              :    Pangeran Inu…? Ada perlu apa kau dating kemari…?

Pangeran Inu             :    Maksud kedatangan saya adalah untuk melamar salah satu putrid baginda, yaitu Candra cantengen.

Ibunda                         :    Mengapa kau tak memilih Dewi uggal-ugalan saja…?

Pangeran Inu             :    Moch anakmu elek kok…! Dewi ugal-ugalan kie elek urip pisan….!

Ibunda                         :    Pelecehan…..!! pangeran ingusan eg kemlelet.

Raja                              :    Dengar pangeran sgala keputusan ada di tangan cantengen, hanya dialah yang akan memutuskannya.

 

Tiba-tiba Dewi ugal-ugalan dan candra cantengen menghampiri pangeran Inu yang tengah berbincang-bincang dengan baginda raja.

Dewi ugal-ugalan      :    Ass….waroh matullahi mbakar’o watu……!!

                                           Waladala….nyapo wie rene gulex sumbangan po piye?

Chandra                      :    Huush….gax sopan….!!

Dewi ugal-ugalan      :    Ech tapi rene’o cik mbax…!!gokil tapi pangeran wi…. Gosong kileng-kileng maksud’e…. yuuhh cenat cenut atiku…

Chandra                      :    Woo… ngke ae ngenyek…! Saiki malah cintrong….!

                                           Aduuuh… sarap tarahan….!!

Raja                              :    Candra,, Ugal-ugalan….!! Kenalkan ini pangeran ingusan dan umbelan dari kerajaanb Kasih Saying Kemproh.

Dewi ugal-ugalan      :    Sangar men jenenge…..biyuh-biyuh…

Chandra                      :    Sangar gundulmu wi…..

Ibunda                         :    Adik karo mbak kox koyo kucing karo tikus ae…!!

                                           Candra sayang…. Pangeran mu dating kesini ingin melamarmu.

Dewi ugal-ugalan      :    Lhooo…?! Kox ugak Q…?! pangeran itu harus jadi milikku……!! Q emooochh… ibuk kepiye tha….?!

                                           “Dia milikku bukan untukmu”

                                           Dia milikku bukan milikmu

                                           Pergilah kamu jangan mengganggu

                                           Biarkan aku mendekatinya.

Pangeran Inu             :    Racun…. Wanita racun dunia.

Chandra                      :    Benarkah pangeran….?! Q seneng banget….!!

Dewi ugal-ugalan      :    “Sebenarnya Q ingin mengungkapkan rasa

                                           Tapi mengapa Q selalu tak bias, bagaimana caranya

                                           Agar dirimu bias tau kalau Q suka, suka sama kamu”

Chandra                      :    So sweet….

Dewi ugal-ugalan      :    Malah nyanyi lagu kuwi… ura nde receh!! Tampab kemropok… ngalih Q….. broken heart….!!

Ibunda                         :    Ayo-ayo ngalih…

Raja                              :    Tidak usah dikawatirkan anakku cantengen, pangeran Inu telah memilihmu, biarkan adikmu yang mengalah.

Chandra                      :    injih room… penting Q happy… uripku yppw uripku Mbuyak nehc Dewi kae, mandak anak’e wong eg….

Pangeran Inu             :    Terima kasih Cantengen, Q pamit dulu mau mempersiapkan pertunangan kita.

Chandra                      :    Woyooo… woyooo jooozz…

 

Akhirnya hal itu membuat Dewi ugal-ugalan gelap mata, la iri pada kakaknya lalu ia pergi kerumah nenek sihir yaitu Nyi Lelet. Ia meminta Nyi Lelet untuk menyihir cantengen menjadi sesuatu yang menjijikkan dan dijauhkan dari pangeran Inu.

Dewi ugal-ugalan      :    Kulo nuwun…!! Kulo nyuwun lontong… ech tolong nek….

Nyi Lelet                      :    Heee’ehh …. Bengak bengok ae…!! Mbrebeki wong melek ki lho….

Dewi ugal-ugalan      :    Ee.. wladalah…. Cin melu elex ngene gek ompong,urip pisan…

Nyi Lelet                      :    We wi ngenyek jex ngetrek-ngetrek… muliho kono…..!

Dewi ugal-ugalan      :    Ojo nezu…! Kulo ajeng nyuwun tulung

Nyi Lelet                      :    arep nyuwun lontong piro trus imbalance opo….?

Dewi ugal-ugalan      :    Dukun kox budge… kuping po sungu…? Alah mbah butuhe sihiren cantengen dadi keong racun sing elex tur akeh sing gilo….

Nyi Lelet                      :    ualah ngonow tha…? Yow gampang ithu… tyus imbalance ndi?

Dewi ugal-ugalan      :    Njaluk opow mbah…? Tumbaske kain kafan wae yo…

Nyi Lelet                      :    Woo… njaluk Hp Crooz karo FU aw aku… mbok tambahi cowok ganteng yo ra popo…!!

Dewi ugal-ugalan      :    alach Matre…!! Ndank tha…!

Nyi Lelet                      :    “Sim salabim jadi apa prok, prok, prok….!!”

                                           Berikan kalung ini pada saudaramu dalam waktu 1 menit dia akan berubah menjadi seperti yang kau inginkan yaitu Keong Racun.

Dewi ugal-ugalan      :    Njeh Nyi… matur thank you mbah brow… see you

Nyi Lelet                      :    he’em nduk..

 

Setelah sampai di rumah Dewi ugal-ugalan membuat rencana untuk memberikan kalung itu pada cantengan, akhirnya Dewi ugal-ugalan dan ibunya mengajak cantengan pergi ke sungai.

Chandra                      :    Wah… indah lagi pemandangane, ra ketang nyepetne mata.

Ibunda                         :    sepet ki pow mbok rasakke…

Chandra                      :    alach mbuuuh… wong tua kie lola’

Dewi ugal-ugalan      :    Mbak…!! Ini kado buat mbak… ni sebagai tanda terima kasihku pada mbak…

Chandra                      :    lha thex elex ngene… tp unik.. tak pakai ne yow.

Ibunda                         :    Iyo ndang dingo ben tambah cantik.

Dewi ugal-ugalan      :    sini tak bantuin makainya…

Chandra                      :    Iya dek… aduuuzhh panazz…!! (tiba-tiba berubah menjadi keong)

Ibunda                         :    Dasar kau keong racun…!! Ayo ndank diguak ning kene.

Dewi ugal-ugalan      :    he’em… ayo ndank mulih ben ora nek cing ruh … wedi Q.

Ibunda                         :    mulih yo mulih jo geger ae.

 

Akhirnya mereka meninggalkan keong racun itu di sungai yang keruh itu pada suatu hari keong racun jelmaan dari Candra cantengen ditemukan oleh seorang nenek nelayan yang sedang mencari ikan.

Nenek                          :    Apes tenan…! Iwak’e ning ndi kabeh jane ki….?! Wedi po piye karo Q ….? Mulih ae nak nuw…. Sik… umahku ngendi…? Opo iki….?? Bentuk’e elex tapi antix, iso dadi pemecah rekor dunia kie…!! Jane ki pingin guak iki tapi nak tak guak ngko Q ura dwe bolo urip….

 

Akhirnya nenek itu membawa pulang keong itu dan menyimpannya. Pada suatu pagi sang nenek terkehut ada banyak makanan didapurnya, setelah diselidiki ternyata ada seorang gadis cantik sedang memasak di dapurnya.

Nenek                          :    he… aneh bin ajaib…!! Capa wi…? Q harus mengambil lidi ehc salah, menyeiikidi, ehc salah lagi, menyelidiki maksudnya. Woey … capa we nduk….?

Chandra                      :    Eh, copot….3x….! (sambil membuang sotel).

                                           Oalah nek-nek we ki lho ngageti ae, nak aku jantungan piye …!

Nenek                          :    Ki sing sarap jane sopo? Kudune sing kaget aku…. We nyapo ning kene…?

Chandra                      :    Q Candra nek… putrid dari kerajaan CINTA yang disihir adik Q menjadi seekor keong.

Nenek                          :    Sabar..! malang sekali nazibmu….!

Chandra                      :    Adoh men malang…? Q cah kene-kene ae .. cah kene omah’e kono. Nek Q pergi dulu ya…. Matur suwun…!! (pergi meninggalakn nenek).

Nenek                          :    lho kok ilang….? Yooh ilang’e kaya alap-alap map wingggg… ilang dech….

Sementara itu pangeran tidak tinggal diam, dia dan pengawalnya menyamar sebagai rakyat biasa untuk mencari cantengen.

Pangeran  Inu            :    Ini tidak bias dibiarkan. Ini sungguh terlalu…!! Kita harus mencari cantengen.

Pengawal                    :    Ojo nesu-nesu…! Di goleki ki pow wnwk cing guak?

Raja                              :    Hai pangeran Inu….!! Bergegaslah kamu mencari cantengen, jika kamu memang cinta padanya.

Pengawal                    :    Ayo tho booz… eyang kakung ndoro bagus notonegoro wis ngakon nggolek’i.

Pangeran Inu             :    Opo yow ngunuw…?! Ayo nak nuw.

Raja                              :    Ketulusan cinta kalian yang akan mempertemukan kalian.

Pengawal                    :    Oklek… ayo ndank budal dewe po tak budhalne.

Pangeran Inu             :    Po tak piker… ayo… ayo….!

 

Akhirnya raden Inu dan pengawalnya mencari cantengen di sebuah dusun yang dikenal dengan desa Setia. Di tengah perjalanan mereka bertemu dengan seorang kakek-kakek.

Pengawal                    :    Boozz.. mandeg sik bozz kesel aku… pijeti cik….

Pangeran Inu             :    Untumu wie…!! Bas bos 2x ae…! Kudune aku sing dipijeti.

Pengawal                    :    Aduuuch… Ngeko nak tangaku tidak ngge mijeti kowe yow ora mulus neh….!!

Pangeran Inu             :    Preketekk… nduwe pengawal o’on setengah mati…!

 

Tiba-tiba seorang kakek menghampiri mereka.

Kakek                           :    Asololeeee…..!

Pengawal                    :    Icik….icik… ehem…ehem…!! Sagita…

Kakek                           :    Sat jane ki podho arep ning ndi tha rame-rame ki?!

Pangeran Inu             :    Kami mau ke dusun Setia kek, tapi kami tersesat…!!

Kakek                           :    Kalian tidak tersesat…! Ini adalah dusun Setia .. ada apa ke sini?

Pengawal                    :    Kami mencari seorang putrid Keong yang disihir oleh adiknya yang berasal dari kerajaan Cinta.

Kakek                           :    Aku akan membantu kalian….. mungkin aku tahu yang kalian maksud. Ayo ikut aku.

Pengawal                    :    Ayo booz… (sambil menarik pangeran Inu).

 

Akhirnya mereka pergi mengikuti kakek tadi. Di sebuah perkampungan kakek itu dan pangeran Inu mendatangi sebuah rumah. Dan disitulah pangeran bertemu dengan Cantengen.

Pengawal                    :    Asololeeee…..! Icik….icik… ehem…ehem…!! Kesel Q.. jik adoh ura mbah…?

Kakek                           :    iki lho wis teko…!! Saiki ayo njajal ning omah mbok rondo wi.

Pangeran Inu             :    Eehhcc… lah kwi pora yow cantengen..?! Cantengen…?!

Cantengen                 :    Pangeran Inu…! Ki tenan pora? Alhamdulillah Ya Allah….

Pengawal                    :    Yoohhh… lego Q wis ketemu .           Asololeeee…..!

Kakek                           :    Cinta sejatilah yang mempertemukan kalian berdua.

Cantengen                 :    Pangeran Q bahagia sekali karna dapat berjumpa lagi denganmu.

Pangeran Inu             :    Q juga saying………!! I miss U.

 

Tiba-tiba keluarga dari kerajaan CINTA datang.

Dewi ugal-ugalan      :    Lhooo.. thek wes ketemu…! Wooo.. aku kalah brarti… muleh neh nak nuw Q… isin Q……

Pengawal                    :    Lho…………..2x moso arep wis bar … mutung……! Q yow melu mulih.,…… nak nuw,,, kesel… capcay dehc….!

Raja                              :    Anakku cantengen. Kini kamu telah bertemu dengan pangeran Inu. Sesuai dengan janjiku aku akan segera menikahkan kalian.

Cantengen                 :    Injih room….

Raja                              :    Ayo sekarang kita pulang dan melangsungkan pernikahan itu.

Akhirnya mereka dapat bertemu dan sihir dari nyi lelet pun hilang. Mereka segera kembali ke kerajaan untuk melangsungkan pernikahan itu. Akhirnya mereka menjadi keluarga yang bahagia. (menyanyi lagu Pasha with Adel : Penghujung Cinta.)

Pengenalan Kongputer.

Diposting oleh mujib ali maskur pada 13:39, 03-Okt-14

PENGENALAN KOMPUTER Apakah Komputer itu ? Komputer adalah sarana alat hitung sesuai dengan artinya yaitu berasal dari kata “compute” yang artinya hitung, dengan kata lain komputer dapat didefinisikan sebagai alat elektronik yang dapat menerima masukan data (input data), mengolah data, menyimpan hasil pengolahan data dan menyajikan informasi. Namun dewasa ini perkembangan teknologi yang terjadi pada dunia komputer sudah mampu menempatkan sebagai alat... [Baca selengkapnya]

software protokol

Diposting oleh mujib ali maskur pada 20:46, 19-Sep-14

SOFTWARE JARINGAN & PROTOKOL JARINGAN 1. Sistem Operasi Jaringan   Terdapat banyak sekali sistem operasi jaringan, namun yang pertama kali muncul adalah sistem operasi UNIX pada tahun 1969 di perusahaan AT&T. Sistem operasi UNIX saat ini memiliki beberapa varian, misalnya Sun Solaris, Compaq TruUNIX64, IBM AIX, Linux, SCO Unix, dll. Bahkan Microsoft Windows NT pun memiliki rancangan  dasar yang hampir sama dengan sitem... [Baca selengkapnya]

media iplementasi

Diposting oleh mujib ali maskur pada 20:42, 19-Sep-14

mlm sob. tau gc apa itu media dan apa itu iplementasi. klo gc tau simak di bawah ini. 1.Pendahuluan Pada bagian ini akan dibahas mengenai bermacam-macam media yang biasa digunakan untuk membangun sebuah jaringan komputer terutama media kabel.   2.Jenis-jenis Media Implementasi Jaringan 2.1.Kabel Twisted Pair (shielded dan unshielded) Kabel twisted pair dapat dibagi menjadi dua macam yaitu shielded yang memiliki selubung pembungkus dan unshielded yang tidak mempunyai... [Baca selengkapnya]